Apakah Serat Penting untuk Bayi?





Keluarga Apa Serat Penting untuk Bayi? Sama dengan beberapa anak serta orang dewasa, bayi yang telah makan MPASI memerlukan konsumsi serat lewat makanan. Tetapi, jumlah serat yang diperlukan bayi tentu saja semakin sedikit. Walau diperlukan cuma dalam jumlah yang sedikit, peranan serat masih penting untuk kesehatan bayi.

Serat dipisah jadi dua tipe, yaitu serat larut serta tidak. Serat larut ialah tipe serat yang bisa larut di air. Serat tipe ini dapat turunkan kandungan cholesterol serta mengatur kandungan gula darah. Sedang serat tidak larut di air ialah tipe serat yang dapat menolong menangani sembelit.

Ini Faedah Serat untuk Sang Kecil

Masuk umur enam bulan, bayi telah diperkenankan untuk konsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Dalam menu sehari-hari, Bunda disarankan untuk mengikutkan serat, sebab serat bisa:

Membuat bayi kenyang semakin lama.

Mempertahankan kesehatan aliran pencernaan bayi serta menahan sembelit.

Berapa Banyak Serat untuk Bayi? Meskipun serat penting buat kesehatannya, bayi tidak memerlukan serat dalam jumlah yang banyak. Bayi berumur 7-11 bulan cuma membutuhkan 10 gr serat /hari atau sama dengan 1/2 sendok makan saja.

Bersamaan pertambahan umur, keperluan serat akan bertambah. Pada anak berumur 1-3 tahun, keperluan seratnya ialah sekitar 16 gr atau sama dengan satu sendok makan semakin. Sedang pada anak berumur 4-6 tahun, keperluan seratnya ialah 22 gr atau seputar 2 sendok makan.
Serat cuma dapat Bunda dapatkan dari tanaman atau produk makanan nabati. Berikut sumber serat yang dapat Bunda pilih untuk dikasih ke Sang Kecil:

Buah serta sayuran Buah serta sayuran benar-benar bagus untuk pencernaan bayi. Kecuali memiliki kandungan serat, buah serta sayuran (misalnya apel, pisang, wortel, serta brokoli) memiliki kandungan vitamin serta asam folat. Bunda dapat memproses buah serta sayuran jadi puree, sayur kukus, atau diberikan langsung untuk cemilan Sang Kecil

Kacang-kacangan Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang mete, serta almond, dapat juga jadi cemilan sehat sumber serat untuk bayi. Tetapi, sebelum memberi kacang pada Sang Kecil, tekankan dia tidak alergi pada kacang. Kecuali memiliki kandungan serat, kacang-kacangan memiliki kandungan protein, magnesium, serta vitamin E.

Biji-bijian Biji-bijian, gandum utuh, serta beras merah dapat jadi pilihan serat untuk menu harian Sang Kecil lho, Bun. Bukan hanya memiliki kandungan serat, makanan tipe ini memiliki kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh badannya.

Sesudah ketahui keutamaan serat buat kesehatan Sang Kecil, sekarang Bunda tak perlu sangsi lagi untuk memberi makanan yang banyak terkandung serat. Tetapi, jangan memberi serat kebanyakan serta tekankan Bunda mengolahnya jadi makanan yang gampang ditelan Sang Kecil ya.

Jika Sang Kecil alami reaksi alergi atau keluh kesah pada pencernaannya sesudah konsumsi makanan sumber serat, kontrollah Sang Kecil ke dokter anak.