Bunda, Ketahui Beragam Manfaat Kacang Merah untuk Bayi





Keluarga Bunda, Kenali Bermacam Faedah Kacang Merah untuk Bayi Banyak tipe makanan memiliki nutrisi yang bisa diberi waktu bayi mulai konsumsi MPASI, termasuk juga kacang merah. Faedah kacang merah untuk bayi tidak sedikit, sebab kacang ini kaya nutrisi. Oleh karenanya, Bunda dapat mempertimbangkannya untuk sisi dari menu harian Sang Kecil. 

Bayi memerlukan konsumsi nutrisi yang cukup supaya tumbuh kembangnya maksimal. Saat umurnya capai enam bulan, nutrisi dari ASI atau susu formula saja masih kurang untuk penuhi kebutuhannya. Itu penyebabnya, di umur itu, bayi biasanya telah mulai diberi makanan pendamping ASI (MPASI).

Salah satunya pilihan makanan yang bagus untuk diberi untuk MPASI ialah kacang merah. Selain rasa-rasanya yang enak serta gampang diproses jadi bermacam makanan, kacang merah kaya nutrisi.

Beberapa Muatan Nutrisi dalam Kacang Merah Dalam satu porsi kacang merah masak (sama dengan 50 gram), terdapat seputar 170–100 kalori serta bermacam nutrisi berikut:

3,5–4 g protein

10–15 g karbohidrat

3,5–4 g serat 

0,3–0,5 g lemak

40–45 mg kalsium

3–3,5 mg zat besi

600–700 mg kalium

2,5–3 mg vitamin C

Seputar 200 mcg folat

Kecuali bermacam nutrisi di atas, kacang merah memiliki kandungan vitamin B, vitamin K, kolin, fosfor, mangan, zinc, serta magnesium.

Bermacam nutrisi itu jadikan kacang merah mempunyai banyak faedah untuk kesehatan bayi. Cukup dengan memberi satu porsi kacang merah, Bunda telah penuhi seputar 45% keperluan serat harian Sang Kecil.

Beberapa Faedah Kacang Merah untuk Kesehatan Bayi Di bawah ini ialah beberapa faedah kacang merah untuk bayi:

1. Memberikan dukungan proses perkembangan Muatan protein yang melimpah dalam kacang merah berperanan penting dalam pembangunan jaringan serta organ badan, hingga bagus untuk perkembangan bayi. Protein dapat melakukan perbaikan sel yang rusak serta menguatkan ketahanan badan bayi.

2. Mendukung kesehatan serta perubahan otak Kacang merah memiliki kandungan banyak protein, mineral, vitamin, anti-oksidan, dan kolin. Protein serta kolin adalah beberapa nutrisi penting yang berperanan dalam perkembangan serta perubahan otak bayi. Disamping itu, kolin bagus untuk memberikan dukungan kesehatan mata bayi.

Rahasia Menang Tiap Hari Main Togel Online

3. Menguatkan tulang serta gigi Kacang merah memiliki kandungan beberapa nutrisi yang punya pengaruh besar pada perkembangan serta kemampuan tulang serta gigi bayi. Nutrisi itu salah satunya fosfor, magnesium, serta kalsium.

Cukup dengan konsumsi 25 gr kacang merah, seputar 10% keperluan kalsium, 40% keperluan fosfor, serta 50% keperluan magnesium harian bayi telah tercukupi.

4. Memperlancar aliran pencernaan Serat yang terdapat pada kacang merah bisa merangsang aliran pencernaan bayi supaya bertambah lebih aktif. Disamping itu, kacang merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang sekaligus juga berperanan untuk prebiotik.

Prebiotik bisa memberikan dukungan perkembangan serta peranan bakteri baik di usus, hingga pencernaan bayi bertambah lebih lancar.

5. Turunkan efek diabetes type 2 Diabetes type 2 sebetulnya semakin umum berlangsung ke orang dewasa. Tetapi, beberapa studi memperlihatkan jika penyakit ini banyak diketemukan pada beberapa anak. Memberi bayi kacang merah dengan cara teratur serta dalam jumlah yang pas bisa turunkan efek bayi menanggung derita situasi ini nantinya.

Kacang merah adalah makanan yang kaya serat serta anti-oksidan dan mempunyai indeks glikemik rendah. Ini membuat kacang merah bisa jaga kandungan gula darah masih konstan. Dengan demikian, efek terserang diabetes juga dapat menyusut.

6. Menahan anemia Badan bayi memerlukan zat besi serta folat untuk produksi sel darah merah yang cukup. Nutrisi ini berperanan untuk memberikan dukungan perkembangan bayi. Bila konsumsi zat besi serta folat pada bayi tidak terpenuhi, badannya akan kekurangan sel darah merah. Situasi ini bisa mengakibatkan bayi terserang anemia.

Untuk memenuhi keperluan zat besi Sang Kecil, Bunda dapat memberinya ASI atau susu formula yang telah diperkaya zat besi, dan makanan yang banyak terkandung zat besi, seperti daging, telur, ikan,serta kacang-kacangan, temasuk kacang merah.

Kecuali bermacam faedah di atas, kacang merah berguna juga untuk jaga kelancaran saluran darah pada tubuh bayi serta kurangi efek bayi terserang penyakit jantung.

Walau demikian, Bunda perlu pastikan kacang merah telah dicuci sampai bersih serta dibuat sampai betul-betul masak sebelum memberinya pada Sang Kecil.

Kacang merah yang masih tetap mentah memiliki kandungan toksin. Bila Sang Kecil konsumsi kacang merah mentah, toksin itu bisa mengakibatkan diare serta muntah karena keracunan makanan.

Meskipun kacang merah telah dibuat sampai masak, Bunda perlu tetap memperhatikan reaksi Sang Kecil sesudah mengkonsumsinya. Ini sebab ada beberapa bayi yang mempunyai alergi pada kacang merah.

Reaksi alergi itu dapat mengakibatkan bayi alami diare, muntah-muntah, ada ruam kemerahan serta bentol pada kulit, dan sesak napas karena bengkak di bibir serta jalan napasnya.

Jika Sang Kecil alami keluh kesah sesudah konsumsi kacang merah, cepatlah kontrol ke dokter. Kecuali cari tahu pemicunya, dokter dapat merekomendasikan jumlah mengonsumsi kacang merah yang sesuai umur Sang Kecil serta makanan alternatif apakah yang perlu diberi jika Sang Kecil alergi pada kacang merah.